Cara Mendapatkan Pasokan Bensin Pertamini

Cara Mendapatkan Pasokan Bensin Pertamini Digital


Cara mendapatkan pasokan bensin pertamini serta cara mengurus izin bagaimana? Pertanyaan ini paling banyak ditanyakan oleh orang yang baru terjun di dunia bisnis bensin eceran.

Sebelum membahas topik tersebut mari kita dalami lebih dahulu sisi dari legalitasnya menyangkut izin usaha pertamini & syarat mendirikan pertamini salah satu bisnis di bidang perminyakan ini.

Kita mulai dari definisi usaha SPBU mini kadang disebut juga begitu.

Mungkin hampir semua sudah memahami apa itu pertamini? Tapi tidak ada salahnya kita bahas sedikit.

Usaha ini pada secara garis besar bisa dibagi 2 jenis yaitu usaha pertamini manual dan usaha pertamini digital.

Ini adalah label usaha niaga modernisasi alat jual bensin eceran sistem lama yang hanya menggunakan botol dengan rak kayu seadanya menjadi lebih menarik, simple dan modern.

Dengan tambahan alat pom bensin mini membuat jual bensin eceran tidak dipandang sebelah mata lagi karena termasuk bisnis tak mengenal rugi serta merupakan salah satu kebutuhan pokok yang terus dicari.

Tentu diperlukan izin usaha pertamini resmi untuk syarat kelancaran bisnis ini juga ada beberapa tahap yang mesti kita jalani sebelum mulai membuka usaha bensin eceran versi SPBU mini

Proses serta alurnya secara garis besar bisa dibagi sebagai berikut

Cara Mendapatkan Pasokan Bensin Pertamini Digital



Syarat Mendirikan Pertamini


Secara umum tidak ada hal khusus sebagai syarat mendirikan pertamini dalam bisnis bensin eceran yang juga kadang disebut pom mini ini, namun ada beberapa hal umum yang harus anda penuhi baik untuk usaha pertamini manual maupun usaha pertamini digital yaitu :

  • Memiliki lokasi relatif jauh dari SPBU Pertamina
  • Mengurus izin usaha pertamini sesuai domisili alamat usaha anda
  • Tempat usaha terbuka dengan space minimal 5x5 meter 
  • Jauh dari usaha sangat berisiko api (Las listrik, usaha yang menggunakan kompor dsb)
  • Memiliki arus lalu lintas medium, artinya bukan lalu lintas jalan utama atau protokol, lebih baik di jalan komlek, perkampungan dan desa dengan ramai traffic sepeda motor, karena ini target utama kita.
  • Mematuhi SOP (standar operasional produk) dari produsen alat Pom Mini KTB
  • Mengerti serta memahami cara penanganan keadaan darurat

Baca Juga : 

Bagaimana Cara Mengurus Izin SPBU mini?



Izin usaha Pertamini resmi bisa berupa Surat Keterangan Usaha (SKU) yang dikeluarkan oleh Kelurahan/Desa tempat domisili usaha anda.

Ingat disini banyak kekeliruan yang sering terjadi, sekali lagi di tegaskan domisili berdasar alamat usaha anda bukan berdasar alamat rumah anda tinggal, ini penting supaya usaha anda terdaftar diperangkat Kelurahan/Desa tersebut ini landasan utama dalam syarat mendirikan pertamini supaya menjadi legal.

Perizinan kadang berbeda di beberapa daerah sesuai kebijakan masing – masing pemerintah daerah / SKPD dan ada juga yang harus dilengkapi izin gangguan (HO) dari lingkungan.

Dengan adanya SKU setidaknya anda memiliki pengenal usaha pertamini resmi dan ini penting sebagai salah satu syarat mendapatkan supply  bbm (bahan bakar minyak) untuk memulai usaha anda nanti.

 

Cara Mendapatkan Pasokan Untuk Bensin Pertamini



Pertanyaan tadi diawal topik bahasan ini tentang proses supply bensin untuk usaha ini akan segera terjawab.

Dengan berbekal SKU tadi kita bisa membeli/kulakan bensin ke SPBU Pertamina, bukan hal sulit terlebih jika kita memilih menjual bensin Non Subsidi (Pertalite dan Pertamax), tapi tentu tetap dalam kebatasan kewajaran.

Hal ini untuk mencegah penyimpangan karena itu SPBU biasanya akan meminta anda menyertakan SKU untuk data yang menjelaskan benar sebagai pengecer pertamini legal dan bisa dikatakan bahwa usaha pertamini resmi

Demikian hal penting tahap demi tahap cara mengurus izin SPBU mini dan syarat mendirikan pertamini di paparkan diatas tahap demi tahap untuk menjadi informasi bagi anda yang baru akan memulai bisnis bahan bakar minyak ini.

Saatnya bergabung dengan mereka yang telah sukses dengan usaha ini.

Update terbaru seperti yang dikutip di berita belum lama ini bahwa BPH migas akan menerbitkan aturan untuk membuat bisnis ini legal tentu sebuah berita yang sanga menggembirakan bagi pelaku bisnis BBM ini karena semakin mengukuhkan dan melegatimasi bahwa ini usaha pertamini resmi atau usaha pertamini legal dan tentu memperjelas izin usaha pertamini.


Baca Juga : 

Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai sebuah usaha pom bensin mini yang semakin diminati ini pastinya bukan usaha musiman karena permintaan pasokan bensin untuk sepeda motor roda dua saja tiap tahun bertambah pesat seiring pertumbuhan laju penjualan sepeda motor yang tiap tahun semakin bertambah membuat peluang pasarnya masih terbuka lebar.